Sunday, March 27, 2011

KBB # 22 Made in Indonesia Plus with Spun Sugar



Tantangan KBB # 22 kali ini bener bener bikin gemessssss apalagi saat pemotretan hasil jadinya karena benar benar musti gerak cepat dan sigap tapi gimana lagi ya bukan photograper jadi hasilnya tidak bisa maksimal alhasil begitu hasil si miss spun ok tapi hasil foto gak oke alias banyak blurrnya ( alesan.com).....entah kenapa si umur spun sugar ini gak bisa lama ya ? langsung mingpes alhasil bolak balik bikin tapi ya sut lah pasrah saja dengan hasil seperti ini dan paling tidak bisa tahu mengenai miss spun sugar ini.

Spun sugar aku bahasakan menjadi "rambut nenek" hehehehehee....dan ini seru juga sih meskipun berulang ulang bikin juga tidak bosan cuman yang perhatikan dirumah protes saja karena bikin "gulali" ini sering banget.

Kali ini untuk kombinasi si miss spun sugar pilihanku jatuh pada kue soes yang mudah dan tidak banyak membuat perlengkapan kerja dapur tidak terlalu banyak yang musti di cuci.

Yuk ah dari pada bercerita lama simak resep berikut ini....buat yang penasaran ayo praktekan karena ini mudah lho.....

Soes Vla
By. Nilamsari

Bahan Kulit :

225 ml Air
100 gr Butter
1/4 sdt garam
125 gr terigu protein tinggi
4 butir telur

Vla :

350 ml susu cair
75 gr gula pasir
45 gr maizena
1 butir kuning telur
1 sdm butter

Cara membuat :
Kulit : Didihkan air,butter dan garam lalu masukan terigu aduk cepat hingga kalis lalu dinginkan. Setelah dingin masukan telur satu persatu dan aduk hingga rata. Spuit adonan dan beri jarak lalu oven hingga matang - dengan suhu 200 derajat.

Vla : Aduk bahan jadi satu kecuali butter lalu masak hingga matang lalu masukan butter aduk hingga rata dan vla siap untuk digunakan.

Resep Spun Sugar (Angel’s Hair)Sumber: Dessert Techniques by Le Cordon Bleu Cooking Schools

Alat: Pakailah whisk yang sudah tidak dipakai tetapi masih bagus (tidak karatan), lalu pakai wire cutter, potonglah jari-jari whisk di ujung (yang melengkung), sehingga whisk anda akan ‘gundul’. Gunakan whisk ini untuk membuat spun sugar.

Sugar Syrup

Silakan pilih:
Medium use 1 ¼ cups sugar to 1 cup water.
Heavy use 1 ¼ cups sugar to ⅞ cup water.

Step :

1. Heat the sugar syrup to 311 F then plunge into a pan of cold water to halt the cooking process.
2. Cover your work surface with parchment paper. Holding a rolling pin in one hand over the paper, dip the whisk into the sugar syrup and flick it back and forth over the rolling pin so that railing threads are formed.
3. Gently gather up the strands and fold them back over the rolling pin. Loosen and lift them or slide them off the pin gently.
4. Break the sugar in half and gently shape each half as desired in your hands.

1 comment:

  1. Klo nggak karena KBB kayaknya nggak bakal nguplek si rambut nenek ini yak...he..he, aku bikin sampe berkali-kali baru sukses :). Nyicip ah soesnya.

    ReplyDelete