Monday, March 12, 2012

Kbb # 28 Torta Pasqualina



Setelah absen dari tantangan KBB # 27 kali ini kembali menekuni hobi lama supaya ilmu dan alat alat yang sudah di investasikan lama di duni perbakingan tidak sia sia akhirnya tantangan kali ini bisa terselesaikan lebih cepat.....

Begitu surcin datang masih masih bingung ini makanan apa ya ? kok namanya cantik sekali tapi kenapa pakai bayam dan keju dan belum bisa juga membayangkan makanan apa ini ...hingga akhirnya kamus berjalan "mbah google" pun bisa menjawabnya dan sembari mengikuti diskusi pembahasan ini akhirnya sedikit mudeng dan sudah bertekad mau menyelesaikan tantangan ini.

Awalnya mau bikin ricotta cheese sendiri tapi setelah dihitung dari segi cost dan tenaga kok masih hemat beli jadi ya....xixixixixi jangan ditiru ya teman2 gak baik karena malasnya lebih besar nih dan waktunya tidak cukup buat aku karena pulang kerja udah malam dan acaranya akhir2 ini sering padat ( atau sering menyibukan diri ya ? ).

Hari jumat malam turun dari comuter line langsung ke pasar di stasiun debar untuk beli bayam kebetulan ricotta cheese sudah tersedia begitu pula bahan yang lainnya tinggal bayam saja.

Seperti biasa kalau bikin seringnya malam malam entah kenapa yaaaa kalau siang kok males bener yaaa jadi cuman berpikiran bikin malam dan disantap pagi hari sepertinya sarapan pagi pasti lebih "wah" .....

Bikin kulitnya / doughnya tidak mengalami kesulitan yang berarti hehehehehehe dan yakin pasti bisa terus bikin isiannya pun juga gak susah kok cuman bayam di rebus dan di blender halus lalu cemplungin semua bahan dan selesai.... mudahlah gak susah kok beneran nih buat yang mau coba jangan ragu karena ini super mudah lho.....

Kembali ke asal muasal makanan dari Itali ini berasal ternyata aku juga baru tahu kalau kudapan ini sering disajikan pada saat pesta Paskah waaaa boleh juga yaaaa cuman yang doyan dirumah kok aku aja yaaa yang lain katanya enek bangettt mungkin karena cheesenya kali yaaaaa jadi lidah jowo kembali beraksi lagi cara menyantapnya pake saos sambal kesayangan xixixixixixi....boleh kan bu host ....gak kena marah kan......

Yuks ah daripada berlama lama mendingan langsung praktekan sesuai referensi berikut yaaaaa

Torta Pasqualina adalah istilah dalam bahasa Italia yang secara harfiah berarti Kue Paskah. Merupakan hidangan khas Paskah dari Piemonte dan Liguria.
Adonannya merupakan adonan berlapis, sedikit seperti 'adonan fillo', tapi lebih tebal dan disebut 'pasta matta' (=crazy dough). Kue yang berasal dari Liguria ini mengandung keju lokal “Prescinseua” yang hanya dapat ditemukan di Liguria. Kejunya sangat creamy, lembut dan sedikit asam.
Jika tidak memungkinkan menemukan Prescinseau di tempat anda, bisa disubtitusi dengan ricotta yang sangat lembut atau ricotta biasa dengan tambahan sedikit susu.


Torta Pasqualina
Source: Old Time Cooking Recipes

Ingredients:
DOUGH:
600 g (1 lb 5 oz) white flour
6 Tbs olive oil
a pinch of salt

FILLING:
1 kg (2 lb) Swiss chard (silver beet) or spinach 400 g (0.9 lb) cottage cheese/ricotta cheese 100 g (3.5 oz) parmesan 10 eggs
2 teaspoons marjoram, chopped
2 teaspoons parsley, chopped
garlic, minced (optional)
olive oil
salt, pepper

Preparation:
1. DOUGH:
-Combine flour, oil, a pinch of salt and enough cold water to make a medium soft dough.
-Knead well for 10 minutes or until the dough becomes elastic.
-Divide the dough into 14 balls.
-Cover with cloth and let stand for about 1 hour.

2. FILLING:
-Clean, wash and dry the Swiss chard.
-Place in a saucepan with little boiling water and cook at high heat until wilted.
-Cool, then squeeze out excess liquid and chop finely.
-Add 50 g (1.7 oz) parmesan cheese, marjoram, parsley, garlic and 2 eggs. Season with salt and pepper.

3. Oil a round shallow oven dish, 9 inches (22 cm) in diameter.

4. Flatten each piece of dough, one at a time, making each a very thin disk, larger than the baking pan you are going to use.

5. Lay the pastry on the oven dish, allowing it to flow over the edges. Oil it lightly.

6. Place another disk over it and repeat until you have used 7 disks.

7. Spread the Swiss chard stuffing over the dough, and then spread the cottage cheese over the greens level with a knife.

8. Make 8 small cavities. Pour a raw egg into each cavity and sprinkle each with salt, pepper and remaining parmesan cheese.

9. Cover the whole lot with the same number of pastry sheets, each brushed with oil.

10. Pinch the borders and trim the excess dough, prick the top of the pie in a few places and then brush with oil.

11. Bake for 1 hour in 190 C (375 F) oven. Allow to rest before removing from the cake tin



No comments:

Post a Comment