Thursday, November 18, 2010

Kue Rentak


Mendengar nama kue ini rasanya aneh tapi begitu lihat penampilan dari sang pemberi resep " Arfie" langsung bilang " ooooo kue ini ya...ini mah kue bangkit lah ternyata sama tho " langsung deh semangat begitu lihat dan ingin membuatnya tapi pembuatannya ini rada rada aneh kalau menurutku soalnya adonan musti di inapin semalam ....biasalah ilmu pemalas keluar dan sempat bertanya ke Arfie juga seandainya tidak di inapkan apa yang terjadi he..he...he..he... maaf ya mbak kalau aku ngeyel qiqiqiqiiqiqiqi...Nah daripada penasaran juga akhirnya dibuat juga dan tetap ikutin aturan baku menginap malah inapnya gak semalaman sih qiqiqiqiqi lebih malah karena aku bikin malam minggu dan baru minggu siang di kerjakan setelah pulang Gereja.

Dari metode ini aku jadi banyak belajar tentang pembuatan "blondo" dari kelapa dan jadi tahu o ternyata blondo ini begini pembuatannya dan hasil akhir pembuatan blondo aku sangat suka karena wangi sekali dan rasanya pingin nyocol si blondo ini pake ketan kukus.

Satu hal dengan resep kue rentak ini aku kurang berhasil karena hasilnya kue yang aku buat ini tidak bisa retak layaknya kue rentak / bangket bangka yang pernah dibawa oleh mertuaku tapi rasanya boleh sama dan enak, mungkin lain hari aku akan coba membuatnya lagi.

Ayo yang masih penasaran dengan kue bangket monggo dicoba resepnya mbak Arfi nih...hasilnya enak kok komposisinya pas mungkin kalau orang yang doyan manis akan bilang kurang manis seperti kata tante saya.

Kue Rentak / Kue Babon / Kue Bangkit
Resep by Arfie B

Bahan :
4 butir kelapa diambil santan kentalnya sebanyak 2 liter
250 gr gula merah sisir
150 gr gula pasir
4 kuning telur
sedikit garam
1250 gram sagu - sangrai
150 gram terigu - sangrai
1sdt banking soda - kemarin aku pakai soda kue

Cara membuat :
Glondo : Rebus santan dan gula dengan api kecil hingga kental dan berminyak, kemudian dinginkan.
Masukan telur,kedalam adonan glondo aduk hingga rata lalu masukan terigu dan diamkan semalam.
Masukan sagu sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk hingga rata, hentikan pemakaian sagu jika dirasakan bahwa adonan sudah siap untuk di cetak.
Oven hingga matang




1 comment:

  1. Halo Mbak Nilam,
    Mau tanya, Mbak, Kue yang Mbak bikin hasilnya keras atau garing ya Mbak? soalnya aku dah pernah nyoba bikin kue bangkit juga, cuma ga diinepin semalem alias langsung dicetak, hasilnya kue gampang pecah, mbak. ga bisa dipindah2in dari satu wadah ke wadah laen. terima kasih atas jawabannya. Salam kenal. Nancy

    ReplyDelete